Manfaat dan keutamaan mengerjakan sholat tepat waktu di masjid

Terkadang panggilan kumandang adzan membuat kita gelisah, tidak tenang, mungkin itulah perasaan hati bagi orang yang masih lemah imannya. Bagi orang yang terketuk hatinya dengan panggilan Adzan pasti akan selalu gembira, selalu disiplin melaksanakan sholat dengan ikhlas. Seandainya semua orang muslim tahu dahsyatnya sholat tepat waktu di masjid atau mushola maka orang-orang akan berbondong-bondong bahkan antri ke masjid.

Ketika orang mau mencoba untuk berubah dengan sholat tepat waktu saat berkumandangnya adzan maka setelah sholat hati akan menjadi tenang. Firman Alloh dalam suran An-Nisa ayat 103 "...Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang telah ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.
Abdullah Ibnu Mas'ud RA berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah, "Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdhal?" Beliau menjawab, "Sholat tepat pada waktunya." Aku bertanya lagi, "lalu apa lagi?" Beliau menjawab,"Berbakti kepada kedua orang tua." Aku bertanya lagi, "kemudian apa lagi, ya Rasulullah?" Beliau menjawab,"Berjihad di jalan Alloh." (HR. Bukhari)n mengerjakan sholat tepat waktu di masjid

Dalam riwayat yang dijelaskan oleh Utsman bin 'Affan RA berkata, "Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Alloh akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yakni dicintai Alloh, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya terpancar jati diri orang shalih, hatinya dilunakan oleh Alloh, dia akan menyeberang shirath seperti kilat, dia akan diselamatkan dari api neraka, dan Alloh akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati."

Sungguh seharusnya kita sadar bukannya sholatnya yang rajin tapi juga memperhatikan waktu sholatnya.Dampaknya, Alloh selalu menunjukkan jalan keluar ketika sedang ada masalah atau keinginan.
Dari Abu Hurairah, Beliau mendengarkan Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. apabila sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.

Senang rasanya jika ketika adzan berkumandang dan langsung memenuhi panggilan Alloh, waktu sholat tiba tidak ada yang lebih penting dari apapun kecuali mendirikan sholat dengan segera. Puas rasanya apalagi bisa sholat berjamaah di masjid.

Masjid merupakan tempat kegiatan ibadah bagi umat muslim. Di sanalah orang orang akan mendapatkan  kemulian oleh Alloh SWT baik pahala, rezeki, petunjuk hidayah, atau ketenangan batin dan sebagainya. Terutama bagi orang beriman yang istiqomah memakmurkan masjid. Alloh SWT berfirman dalam Surat At-Taubah (9) ayat 18 yang artinya: "Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Alloh hanyalah orang-orang yang beriman kepada Alloh dan hari kemudian, serta tetap melaksanakan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada apapun kecuali kepada Alloh. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk."

Adapun hadits yang menerangkan keutamaan sholat di masjid yaitu "Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan berwudhu, lalu pergi untuk menunaikan sholat wajib, maka pahalanya seperti pahala menunaikan haji dan ihram. Barang siapa yang keluar untuk menunaikan sholat dhuha, tidak ada tujuan lain selain itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang umroh. Dan barang siapa yang menunaikan sholat sesudah sholat, dengan tidak melakukan perbuatan yang sia-sia, maka dia akan dicatat dalam 'illiyyin." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Al-Baihaqi, dan At-Tabarani).
   
Dalam hadits lain disebutkan, Abu Musa RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Manusia yang paling besar pahalanya adalah orang yang paling jauh langkahnya atau paling jauh rumahnya. Dan orang yang paling besar pahalanya adalah orang yang menunggu sholat, setelah ia sholat agar ia dapat sholat berjamaah dengan imam. Pahalanya lebih besar dari orang yang sholat, kemudian tidur." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)