Jadwal Sholat Fardhu Lima Waktu

Sholat lima (5) waktu dilaksanakan pada saat tertentu, sebanyak lima kali dalam sehari. sholat ini hukumnya wajib bagi setiap muslim yang mukallaf (dewasa) terkecuali berhalangan karena sebab tertentu. Ibadah sholat merupakan salah satu dari rukun islam. Alloh memberikan perintah melaksanakan sholat lima waktu melalui peristiwa Isra Mi'raj, yang mana peristiwa tersebut dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW.


Adapun sholat lima waktu tersebut ialah:
1.Shubuh, terdiri atas 2 rakaat. Tanda-tanda waktu shubuh diawali dari munculnya terbit fajar shadiq, yaitu munculnya cahaya putih yang melintang di ufuk timur. Waktu shubuh berakhir sampai terbitnya matahari.
2. Dhuhur/Zhuhur, terdiri atas 4 rakaat. Tanda-tanda waktu zhuhur diawali jika matahari sudah condong/tergelincir ke arah barat, dan sampai waktu masuk ashar.
3. Ashar, terdiri atas 4 rakaat. Tanda-tanda waktu ashar diawali jika panjang bayangan benda melebihi panjang benda itu sendiri. menurut Imam Hanafi, waktu Ashar diawali dari panjang bayang-bayang benda dua kali melebihi panjang benda tersebut. Waktu Ashar sampai dengan terbenamnya matahari.
4. Maghrib, terdiri atas 3 rakaat. Tanda-tanda waktu Maghrib diawali dengan terbenamnya matahari, sampai masuknya waktu Isya.
5. Isya, terdiri atas 4 rakaat. Tanda-tanda waktu Isya diawali dengan hilangnya cahaya merah (syafaq) di langit barat dan berakhir sampai terbitnya fajar shadiq esok harinya.

Khusus pada hari jum'at, orang laki-laki muslim diwajibkan menunaikan sholat jumat di masjid secara bersama-sama ( jamaah) sebagai pengganti sholat zhuhur di hari jumat. Namun sholat jumat tidak wajib bagi orang perempuan, anak-anak, orang yang sedang sakit, dan bagi orang yang sedang dalam perjalanan (musafir).

Waktu Sholat
Waktu sholat antara daerah/tempat yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda/bervariasi di setiap harinya, kadang hari ini sama dengan kemarin atau hari ini beda dengan kemarin bahkan hari besok sama/beda dengan hari ini. Dengan kata lain jadwal sholat bisa berubah-ubah, tetapi perubahan tersebut tetap berdasarkan syariat/aturan tentang penetapan waktu sholat.

Waktu sholat berkaitan erat dengan peristiwa beredarnya pergerakan semu matahari relatif terhadap bumi. Pada dasarnya, untuk menentukan waktu sholat ditentukan oleh letak geografis, waktu, dan ketinggian. Urutan Waktu sholat dari pagi sampai malam ialah Imsak, Subuh, syuruq, Dhuhur, Ashar. Maghrib dan Isya.

Syuruq
Syuruq yaitu terbitnya matahari pada pagi hari. Waktu syuruq menandakan bahwa batas akhir waktu sholat subuh. Waktu terbit matahari dapat dilihat/ditentukan pada almanak astronomi atau dapat dihitung berdasarkan algoritma tertentu.

Dhuhur
Waktu istiwa' (tengah hari/midday/noon) ketika matahari pada titik tertinggi atau tegak lurus diatas benda. Pada saat istiwa', melaksanakan sholat ( baik sunah ataupun wajib ) hukumnya adalah haram. Waktu Dhuhur tiba sesaat stelah istiwa', yaitu ketika matahari condong/tergelincir kearah barat. waktu istiwa' juga bisa ditentukan dengan almanak asronomi atau dihitung dengan rumus Algoritma.

Menurut hitungan Astronomis, waktu dhuhur dimulai ketika tepian Piringan matahari telah keluar dari garis zenith, yaitu garis yang menghubungkan antara pengamat/peneliti dengan pusat letak matahari saat berada di titik tertinggi (istiwa). Secara teori, antara istiwa dengan masuknya dhuhur diperlukan waktu 2,5 menit, demi keselamatan jadwal waktu sholat dhuhur ialah 5 menit sesudah terjadi istiwa.

Ashar
Menurut mazhab Imam Syafi'i, Imam Maliki, dan Imam Hambali, waktunya sholat ashar ditandai dengan panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri. mazhab Imam Hanafi berpendapat waktu ashar jika panjang bayang-bayang benda dua kali panjang benda itu sendiri. Waktu ashar dapat dihitung dengan algoritma tertentu yang memakai trigonometri tiga dimensi. waktu sholat relatif ditentukan pada peredaran semu matahari.

Maghrib
Masuknya waktu Maghrib diawali dengan terbenamnya matahari. Artinya wujud dari matahari telah masuk dibawah horizon (cakrawala).

Isya
Waktu isya ditandai dengan hilangnya cahaya merah (Syafaq) di langit, hingga  waktu terbitnya fajar shadiq. Sesaat setelah matahari terbenam, langit tidak langsung gelap, karena bumi memiliki atmosfer walaupun matahari berada dibawah horizon (ufuk barat), cahaya matahari masih ada yang direfraksikan di langit.

Menurut teori astronomis, cahaya di langit yang terdapat sebelum terbitnya matahari dan sesudah terbenamnya matahari disebut Twilight. yang artinya cahaya diantara dua yaitu siang dan malam, dalam bahasa arab disebut Syafaq. menurut astronomis, twilight mempunyai tiga definisi:
a. Twilight Sipil, yaitu ketika matahari berada 6 derajat di bawah horizon.
b. Twilight Nautikal,yaitu ketika matahari berada 12 derajat di bawah horizon.
c. Twilight Astronomis, yaitu matahari berda 18 derajat di bawah horizon.

Shubuh
Waktu shubuh berarti kebalikan dari waktu isya. Ciri-cirinya menjelang pagi hari, fajar ditandai dengan adanya cahaya yang menjulang tinggi tegak lurus vertikal di ufuk/sebelah timur (Fajar kadzib). Cahaya ini kemudian menyebar di langit secara horizontal selanjutnya disebut Fajar Shadiq.

Dalam penentuan Jadwal sholat terdapat perbedaan penentuan sudut twilight, ternyata dalam penentuan sudut dengan twilight tidak valid, tidak bisa berlaku untuk seluruh tempat di bumi ini terhadap peristiwa fajar shadiq dan hilangnya syafaq. Peristiwa tersebut merupakan fungsi dari letak lintang dan musim yang berbeda-beda di tempat yang satu dengan tempat yang lain.

Imsak
Waktu imsak sangat dibutuhkan dalam menjalankan ibadah puasa. Pada saat menjalankan ibadah puasa , Waktu shubuh menandakan dimulainya ibadah puasa. Umumnya waktu imsak ditetapkan 5-10 menit sebelum waktu subuh.

Pesan Jadwal sholat digital Klik pada gambar

Untuk saat ini dalam menentukan jadwal sholat/jadwal waktu sholat semakin mudah. Peranan berbagai media baik media cetak maupun elektronik sangat membantu umat islam untuk mengetahui apakah sudah waktunya sholat atau belum. Adapun contoh peranan media elektronik selain TV yaitu berkembangnya produk Jam digital masjid yang dipasang di masjid/mushola. Jam digital masjid ini berisi aplikasi jadwal sholat lima waktu yang otomatis berubah setiap hari. Ada pula ditambah dengan jadwal iqomah, Audio Adzan, bahkan bisa dipasang Audio Murotal. Sangat mudah bukan pada era saat ini dengan teknologi yang selalu berkembang dinamis sesuai tuntutan zaman.