Masjid bukan hanya untuk sholat saja

Masjid artinya tempat bersujud, pengertian masjid secara umum adalah tempat aktifitas ibadah rutin bagi umat islam, terutama ibadah sholat secara berjamaah. sebagaimana diterangkan dalam hadits, Ibnu Umar ra Berkata: " Rasulullah SAW bersabda: "Sholat berjamaah melebihi sholat sendiri dengan dua puluh tujuh derajat." (HR. Bukhory dan Muslim). kalau kita cermati sholat berjamah merupakan salah satu perintah yang berdasarkan Alquran dan Hadits yang benar-benar ditekankan pada kaum muslimin. meneggakkan sholat berjamaah merupakan syiar islam wujud dari perkembangan islam.



" Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Alloh ialah orang-orang yang beriman kepada Alloh dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Alloh, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Attaubah:18).
Utsman bin Affan ra berkata:" Rasululloh SAW bersabda: Barangsiapa mendirikan karena Alloh suatu masjid, niscaya Alloh mendirikan untuknya seperti yang ia telah dirikan itu di syurga." (HR. Bukhory dan Muslim )
Dalam perkembangan  sejarah, masjid bukan hanya untuk tempat beribadah sholat saja. pada zaman Rasululloh masjid sebagai tempat berdzikir, iktikaf dan untuk melaksanakan kepentingan sosial.

Beberapa fungsi dan peran masjid yaitu:
1. Sebagai tempat ibadah
Masjid sebagai tempat sujud, maka masjid fungsi utamanya sebagai tempat sholat, berdzikir, ikhtikaf. secara umum fungsi masjid sebagai tempat ibadah dalam arti luas yaitu tempat melaksanakan ajaran islam.

2. Sebagai tempat menuntut banyak ilmu
Masjid sebagai tempat belajar mengajar khususnya ilmu agama, namun pada perkembangannya ada yang mengajarkan ilmu alam, sosial, ketrampilan, Iptek dan lain-lain.

3. Sebagai tempat pembinaan jamaah
Masjid sebagai tempat berkumpulnya jamaah untuk mengokohkan akidah dan ukuwah islamiyah dengan musyawarah, pengajian dan lain-lain.

4. Sebagai tempat Da'wah dan kebudayaan islam
Masjid merupakan pusat da'wah untuk mencegah kemungkaran dengan mengajak yang ma'ruf (baik), sehingga menghasilkan umat islam yang berahlak karimah, menanamkan budaya
 islami.

5. Sebagai pusat kaderisasi untuk kebangkitan islam
Masjid sebagai titik awal pengkaderan kepemimpinan yang berkesinambungan, sehingga bisa diharapkan untuk maju dalam menegakan ajaran Illahi, menguasai semua bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Terciptanya fungsi peran masjid sebagaimana yang dicontohkan Rasululloh pada zaman dulu, jika dilaksanakan pada masa yang akan datang, tidak menutup kemungkinan islam akan membawa peradaban yang tinggi sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Alquran dan Hadits.