Mengapa sholat begitu dahsyat

Sholat merupakan rukun islam yang kedua, yang kadang dinomerduakan. sering orang bilang sholat kan nomer dua, memang betul karena nomer satunya syahadat dalam rukun islam. Namun itu alasan yang masuk akal, pada akhirnya bener-bener sholat nomer dua atau sholat ditinggalkan dengan alasan sibuk bekerja atau apalah-apalah. Padahal Alloh menciptakan manusia untuk beribadah, sepert dalam Alquran surat Az-Zariyat: 56, " Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka menyembah (ibadah) kepada-Ku. (QS.51:56). Manusia diciptakan oleh Alloh untuk beribadah, dalam arti luas ibadah yaitu apa yang diperbuat manusia bernilai ibadah dengan mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.


Mengapa sholat begitu penting bagi orang yang melaksanakannya sampai menemukan kedahsyatan / merasakan peristiwa spiritual dalam menjalankan sholat.
1. Sholat adalah kewajiban yang paling utama.
Alloh SWT berfirman dalam surat An-Nisa : 103, "...Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."
Perintah sholat merupakan peristiwa istimewa, pada waktu itu peristiwa isra mi'raj Nabi Muhammad SAW, Beliau dipanggil oleh Alloh ke langit untuk menerima syariat tentang sholat. Sangat pantas jika orang yang menunaikan sholat dengan baik akan mudah diangkat derajatnya.

2. Sholat merupakan kunci semua amalan yang pertama kali dihisab.
" Yang pertama kali dihisab dari amalan seorang hamba pada hari kiamat kelak adalah masalah sholat. Jika shalatnya baik, maka baik pula seluruh amalannya. Dan jika shalatnya rusak, maka rusaklah seluruh amalannya." (HR. At-Tabarani dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam shahih al-jami' ash-shaghir).

3. Sholat sebagai pelindung dari perbuatan jahat
Alloh SWT berfirman: "...Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar..." (QS. Al-Ankabut : 45 ).
jika mengerjakan sholat dengan sebaik-baiknya, niscaya akan meninggalkan perbuatan yang keji dan mungkar beserta dosa-dosa yang lainnya seperti mencuri, membunuh,  mabuk, memakan riba/makanan haram, berzina, korupsi dan lain-lain.
Dalam melaksanakan sholat hendaklah diikuti dengan sabar agar Alloh mengabulkan doa yang selalu dipanjatkan setelah selesai sholat.

 4. Sholat sebagai obat hati / penyembuh jiwa
Sholat sebagai penawar penyakit hati, jika melaksanakan sholat dengan khusyuk dan ikhlas sehingga bisa memberikan rasa semangat, menguatkan tekad dalam menghadapi kondisi suatu masalah yang berat,
 " Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, yaitu orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan kembali kepada-Nya." (QS. Albaqarah ; 45-46).

Demikianlah sedikit uraian mengenai mengapa sholat begitu dahsyat semoga bisa memberikan manfaat keilmuan tentang sholat kepada pembaca, kami diharapkan bisa mengerjakan sholat yang lebih baik lagi hingga sampai menemukan dahsyatnya sholat.