Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan

Seorang muslim diwajibkan untuk mengerjakan sholat lima waktu dalam sehari baik dikerjakan secara berjamaah atau sendirian dan bisa dikerjakan di Masjid/Mushola atau di Rumah. Aktifitas sholat ini merupakan suatu hal yang rutinitas yang tidak boleh dilanggar karena perintah Alloh SWT yang bernilai ibadah, seperti dalam QS. Al Baqarah (2): 43, "Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk." Ayat ini sangat jelas tentang perintah sholat, Seorang muslim dikatakan beribadah jika mengikuti perintah.

Tahukah Anda jika Manfaat sholat sangat besar ?. selain mendapatkan pahala dari Alloh SWT, sholat bermanfaat bagi kesehatan. Artikel ini akan membahas manfaat sholat dari segi kesehatan. Biar anda memahami dan bertambah yakin dalam melaksanakan sholatnya dan memperoleh nikmat sehatnya.

Sholat terdiri dari gerakan-gerakan yang sudah diatur tata caranya, kita awali dari gerakan :
1.Takbiratul Ihram
Gerakannya berdiri tegap, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, kemudia melipat tangan disedekapkan di depan perut atau dada bagian bawah.

manfaat gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening limfe dan kekuatan otot pada lengan. Posisi jantung dibawah otak, menyebabkan darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. pada saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga menyebabkan aliran darah yang kaya oksigen menjadi lancar. selanjutnya kedua tangan didekapkan di dada/perut, sikap ini menghindarkan dari gangguan persendiaan.

2. Rukuk
Gerakan rukuk yang sempurna ditandai dari tulang belakang yang lurus, sedangkan posisi kepala lurus dengan tulang belakang.
manfaat dari rukuk ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. sedangkan posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Sedangkan tangan yang bertumpu pada pada lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Rukuk juga berfungsi untuk mencegah gangguan prostat.

3. I'tidal 
yaitu gerakan bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak, kemudian mengangkat kedua tangan setinggi sejajar telinga. 
manfaat gerakan ini adalah variasi gerakan postur tubuh setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerakan berdiri terus bungkuk, kemudian berdiri terus sujud merupakan latihan untuk pencernaan agar lambung berfungsi dengan baik. Organ-organ pencernaan didalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian dan berkelanjutan. Dampak positifnya pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Sujud
Gerakannya menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai.
Manfaat gerakan ini mengalirkan aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. maka posisi jantung diatas otak menyebabkan darah yang kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berdampak positif untuk otak sehingga mempengaruhi daya pikir seseorang. Oleh sebab itu Rasululloh SAW mengajarkan sujudnya dilakukan dengan tuma'minah seperti yang beliau laksanakan dalam setiap sholatnya. Dan agar jangan tergesa-gesa dalam sujud, disamping meresapi doa sujud agar memperoleh manfaat yang optimal. Dengan sujud yang tuma'minah diharapkan aliran darah bisa mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi tubuh ini juga menghindarkan gangguan wasir. Bagi wanita, gerakan rukuk dan sujud memiliki manfaat yang sungguh luar biasa bagi kesuburan, kesehatan organ kewanitaan dan sangat baik untuk kehamilan.

5. Duduk
Gerakan duduk ini ada 2 macam :
- Iftirosy (Tahiyyat awal)
-Tawarruk (Tahiyyat akhir).
perbedaannya hanya pada telapak kaki.
Gerakan pada saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus ischiadius. Manfaat posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderita tak bisa berjalan. Pada saat duduk tawarruk sangat baik bagi kaum laki-laki karena tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostat) dan saluran vas deferens. Jika gerakan ini dilakukan dengan benar maka posisi ini bisa mencegah impotensi. 

Variasi gerakan posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang elastis dan kemudian rileks kembali. Gerakan dan tekanan yang selaras inilah yang menjaga kekuatan, kelenturan dan kesehatan organ tubuh kita.

6. Salam
Gerakannya memutar kepala atau menengok kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. 
Manfaat gerakan ini untuk relaksasi otot sekitar leher dan kepala sehingga menyuplai aliran darah di kepala. Gerakan ini bisa mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah. 

Jika ibadah sholat dikerjakan secara rutinitas maka akan berdampak yang sangat luar biasa pada diri seorang muslim. Sungguh mulia ajaran islam mari kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar islam menjadi mulia.

Berikut ini alasan dan bukti bahwa gerakan sholat sangat bermanfaat bagi kesehatan:
  • Menambah daya kecerdasan berfikir 
dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu tentang kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologi) yang didalami oleh Prof Sholeh, menyatakan bahwa gerakan sujud merupakan tergolong unik yang kaya manfaat. Yaitu falsafah manusia menundukan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri, sehingga mengantarkan derajat yang seikhlas-ikhlasnya dengan taat. Dengan melakukan sujud secara rutin , pembuluh darah yang ada di otak akan terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada diatas kepala sehingga memaksimalkan aliran darah ke otak yang kaya akan oksigen.Kesimpulannya dengan sujud yang tuma'minah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan daya pikir. 

Risetnya telah mendapat pengakuan dari Harvard University, AS. bahkan ada seorang dokter berkebangsaan amerika menyatakan masuk islam. Gerakan sholat sangat mirip dengan yoga atau peregangan (streching) inilah yang membuat mereka kagum. Keunggulan sholat dibandingkan dengan gerakan yang lain sangatlah kompleks. Dimulai dari menggerakan anggota tubuh yang lebih banyak termasuk jari dan tangan.

Sujud bisa dikategorikan untuk latihan kekuatan otot tertentu terutam otot dada. Pada saat sujud beban tubuh bagian atas tertumpu pada lengan hingga telapak tangan. Pada posisi inilah terjadi kontraksi yang positif pada otot dada, pada bagian payudara terutama pada wanita akan menjadi indah dan memperbaiki fungsi kelenjar air susu.
  • Mempermudah dalam persalinan
Ternyata posisi sujud juga bermanfaat bagi kaum wanita, pada saat pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot perut (rectus abdominis dan obliqus abdominis externus) berkontraksi penuh mengakibatkan organ disekitar perut mengejang lebih dalam dan lama. inilah yang dibutuhkan dalam persalinan, pernapasan yang baik dan kemampuan mengejang yang cukup. Jika otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami akan lebih elastis dan dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut. 

  • Menjaga tubuh awet muda
Seluruh gerakan yang ada pada sholat bisa meremajakan tubuh. Karena gerakan sholat yang lentur dan fleksibel, kerusakan sel dan kulit akan jarang terjadi. Apalagi dilakukan dengan rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera terganti, dan regenerasi berjalan lancar. Gerakan salam menengok ke kiri dan ke kanan mempunyai pengaruh yang besar pada kulit wajah, gerakan ini relaksasi wajah, leher dan kepala, sehingga menghindarkan dari sakit migrain atau sakit kepala lainnya.

  • Orang yang rajin ibadah terlihat lebih sehat
Secara garis besar, hampir setiap agama memiliki gerakan ritual dalam beribadah, dan manfaat ibadah ternyata lebih dari itu, khususnya dilihat dari sudut pandang kesehatan mental dan psikologi oleh Harold Koenig, MD, Profesor obat dan psikiater dari Duke. menurut dalam studinya, Orang-orang yang rajin beribadah dapat hidup lebih lama dan juga lebih sehat. mereka terlihat tidak atau sangat jarang merokok dan minum minuman keras. Koenig juga mengatakan, orang-orang yang religius jarang mengalami depresi. " ketika mereka mengalami depresi, mereka bisa sembuh dengan cepat dari depresi tersebut. Itu bisa memiliki konsekuensi bagi kesehatan fisik dan kualitas hidup mereka." paparnya. 

Jika anda ingin mendapatkan manfaat yang luar biasa dari gerakan sholat, maka hendaklah dalam melakukan sholat sesuai dengan kaidah ketentuan aturan tentang sholat, ini dimaksudkan agar memperoleh kesempurnaan hasil daripada ibadah sholat.