Penyebab Perbedaan Jadwal Waktu Sholat

Perbedaan jadwal waktu sholat merupakan topik masalah fiqih yang menimbulkan persoalan baru yang bersifat kontemporer yang terjadi dalam masyarakat, terutama umat islam yang belum cukup keilmuaannya. Peran para Fuqaha sangat penting dalam menentukan suatu kepastian hukum agar umat islam dapat beribadah dengan satu aturan yang sama. Dalam menentukan hukum, para fuqaha berpegang teguh pada Alquran dan Hadits.


Penyebab perbedaan waktu sholat ini disebabkan karena ada perbedaan geografis. Tidak semua daerah memiliki kondisi geografis yang sama ada dataran tinggi, dataran rendah, dan ada pula yang geografisnya membentang sekitar katulistiwa yang memiliki udara tropis dan terletak pada garis lintang utara dan selatan 45 derajat. Wilayah-wilayah pada bentang 45 derajat lintang utara selatan memiliki kondisi musim yang relatif berimbang biasa disebut dengan daerah normal. Akan tetapi diluar daerah-daerah itu ada juga wilayah yang memiliki kondisi tidak beraturan, sehinnga perbedaan waktu siang dan malam terlalu besar. Perbedaan waktu siang dan malam dapat mencapai 75% dimana enam bulan pertama suasana siang dapat mencapai 18 jam hingga 22 jam, sementara malam hanya 6 jam bahkan 2 jam saja. Dan pada 6 bulan berikutnya terjadi sebaliknya. Kadang-kadang suatu wilayah yang berada disekitar kutub utara dan atau kutub selatan ada yang mengalami suasana siang selama 6 bulan secara terus menerus, dan juga sebaliknya.

Daerah-daerah yang dijelaskan dengan kondisi terakhir ini dikenal sebagai daerah abnormal. Dan pada kondisi geografis semacam ini akan menimbulkan persoalan baru, terutama tentang fiqih. Persoalan-persoalan yang muncul dari keadaan dan letak geografis itu antara lain:

  • Hukum bertayamum pada daerah yang kekeringan (tandus) kesulitan air.
  • Hukum atau cara pelaksanaan sholat dan puasa pada geografis yang abnormal dalam penentuan waktu.
  • Pelaksanaan pernikahan via telepon, internet, transaksi muamalah dan lain-lain pada kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertemu langsung karena geografis daerah yang sulit di jangkau kecuali dengan media komunikasi elektronik digital.
Dengan kondisi geografis yang berbeda maka terjadilah banyak solusi yang sifatnya mempermudah dalam menentukan permasalahan. Inilah sebabnya jam digital masjid hadir memberikan solusi dalam menentukan jadwal sholat otomatis sesuai daerah masing-masing, jadwal sholat abadi sepanjang masa. Bisa dipakai didaerah belahan bumi manapun.

Lihat Yang lainKLIK pada Gambar