Sejarah Asal Usul Masjid

Sejarah asal usul masjid berasal dari jaman Rasulullah yang kemudian berkembang sampai sekarang. Masjid merupakan rumah tempat ibadah bagi orang muslim. Masjid yang menjadi tempat suci bagi orang islam akan ramai bila ada aktifitas upacara keagamaan.

Baca Juga: Pusat Jam Digital Masjid

Masjid berarti tempat ibadah, yang berasal dari kata Sajada yang artinya sujud atau tunduk. Masjid artinya tempat sujud dan masjid yang berukuran kecil disebut Musholla, Langgar atau Surau.



Sebelum ajaran islam berkembang menjadi agama yang besar, sebelum Rasulullah SAW lahir telah lahir pula para nabi da rasul yang mendahuluinya. Pada periode ini telah dibangun sebuah masjid pertama kali di dunia yang penuh dengan makna sejarah yaitu Masjidilharam pada saat zaman Nabi Ibrahim As. Namun Masjid pada masa itu tidak seperti bangunan yang sekarang yang lengkap dengan menara dan bangunan yang sangat megah dengan tiang-tiang menjulang tinggi ke langit.

Bangunan Masjid pada zaman itu hanya berupa tempat yang lapang dengan batas-batas tertentu yang digunakan untuk beribadah, berdzikir dan bermunajat kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadits disebutkan, "Dari Abu Dzar Ra, Ia berkata: saya bertanya kepada Rasulullah SAW tentang masjid yang pertama kali di bangun?
Maka Rasulullah SAW menjawab: "Masjid Al Haram"
Kemudian aku bertanya lagi: kemudian masjid apa lagi?
Rasulullah SAW menjawab: Masjid Al Aqsa"
Aku bertanya kepada Rasulullah SAW: berapa jarak antara keduanya?
Rasulullah Saw menjawab: "Empat puluh tahun."
(HR.Bukhori; Muslim)

info:Tempat pembuatan Jadwal sholat digital
 
Dua masjid ini menjadi saksi bisu perjalan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Dimana kemudian Rasulullah SAW bermi'raj menghadap Allah SWT untuk menerima perintah Shalat. Masjid Al Aqsa disebut juga Bait Al-Muqaddas (Al-Quds) terletak di kota Yerusalem timur atau wilayah Al-Haram Asy-Syarif bagi umat islam atau Har Ha-Bayit  (Bukit Bait Allah atau Temple Mount/Kuil Bukit) bagi umat Yahudi dan Nasrani. Sementara Masjidilharam terletak di Makkah, Saudi Arabia.

Sejarah Asal usul Masjid Al Aqsa yang dulunya dijadikan kiblat shalat pertama sebelumnya kemudian dipindahkan ke Kakbah di Makkah berdasarkan perintah Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 144.

Pada Akhirnya perkembangan Masjid hingga seluruh penjuru dunia dari Bangunan yang megah sampai yang kecil dari yang berarsitektur mewah dan klasik tersebar disetiap kota. Terkenalnya masjid menjadi suatu icon keindahan kota tersebut.