Mengapa Sholat Itu Wajib Dikerjakan

Banyak orang yang mengaku islam, tapi mengapa untuk mengerjakan rukun islam yang kedua ini (sholat) dengan malas-malasan atau bahkan jarang, bahkan sama sekali tidak mengerjakan. Pada hal sholat ini mempunyai arti, maksud, manfaat bahkan keistimewaan. Karena didalamnya masih belum diketahui secara mendalam esensi oleh kebanyakan orang islam. Diharapkan artikel ini bermanfaat dan membuat paham sehingga rajin mengerjakan sholat. berikut ini alasan kuat mengapa sholat itu wajib dikerjakan.

Pertama, Sholat merupakan rukun islam yang ke dua, yang pertama adalah syahadat, yang merupakan pondasi dalam islam. Sholat sering diibaratkan sebagai tiangnya agama. Bagaimana jika rumah tidak ada tiang penyangga dalam sebuah rumah, pastinya akan ambruk dan roboh, tidak bisa berdiri menjadi sebuah rumah. Demikian juga dengan sholat yang nota bene sebagai tiangnya islam, pasti tidak akan tegak dan Oleh Alloh SWT dianggap bukan orang beragama islam.

Kedua, Sholat itu merupakan kunci dari semua ibadah. Kunci itu alat untuk membuka pintu atau apa pun. Ibarat lemari brankas yang berisi macam- macam perhiasan, tetapi kita tidak memiliki kunci. Apakah kita bisa memiliki semua macam perhiasannya? tentu tidak kan. Sama dengan sholat dan ibadah yang lain. Ada orang yang rajin beribadah puasa tidak pernah bolong, zakat selalu menunaikan, sedekah memberi dimana-mana, haji dan umroh lebih dari sekali, akan tetapi tidak pernah sholat. Apakah orang tersebut akan mendapat pahala yang sempurna? tentu tidak kan. Ini disebabkan kalau sholat yang dikerjakan buruk, maka akan berdampak pada ibadah yang lain dan oleh Alloh SWT ibadahnya tidak akan bernilai.

Ketiga, Sholat itu menandakan kalau kita orang islam. Artinya kita mempunyai identitas sebagai orang islam dimata orang lain, sekaligus sebagai pembeda antara orang yang satu dengan orang yang lain. Dalam benak pikiran pasti menandai jika orang yang yang rajin sholat pasti dia orang islam, demikian juga sebaliknya.

Keempat,Sholat itu menghapuskan dosa. Setiap manusia pasti mempunyai dosa, kecuali anak kecil yang belum baligh. Kita harus sadar bahwa setiap hari kita berbuat sesuatu tidak lepas dari dosa baik yang sengaja maupun tidak sengaja. Dengan sarana sholat ini kita membaca doa ampunan kepada Alloh, secara otomatis sholat sebagai pelebur dosa.

Kelima,Sholat itu sebagai media untuk berdoa.dalam setiap bacaan mengandung doa yang bermakna sangat mendalam. Oleh sebab itu bacaan dalam sholat tidak boleh diganti/ditambahkan/dikurangi karena sudah ketetaapan baku apa yang diajarkan oleh Rasululloh SAW. Jika permintaan anda ingin dikabulkan hendaklah selalu mengerjakan sholat dengan baik dan benar.

Keenam, Sholat itu sebagai perisai untuk menjaga diri. Dalam surat Al-'Ankabuut 45, dijelaskan "Sholat itu bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar". Maksudnya jika kita ingat makna yang terdalam dari sholat, karena sholat itu ibadah yang suci, maka secara otomatis orang akan ingat dan menimbang dan membedakan mana perbuatan baik, dan mana perbuatan yang buruk.Tentunya Sholat perlu diaplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Ketujuh, Pahala bagi orang yang mengerjakan sholat sangat besar. Diantara Sholat yang memperoleh pahala yang dahsyat ini yaitu sholat isya dan subuh berjamaah di masjid. Rasululloh SAW bersabda:" Barang siapa menghadiri sholat jamaah isya, maka ia seolah-olah mendirikan sholat setengah malam, sedangkan barangsiapa menghadiri sholat jamaah subuh, maka solah-olah mendirikan sholat semalam suntuk". (HR. Muslim). Dan sholat berjamaah di masjid juga lebih utam 27 derajat dari pada sholat sendirian.

Sungguh Alloh SWT tidak akan menyia-siakan pahala bagi orang yang rajin sholat. Dengan Ampunan, keberkahan rizki dan kesehatan. Sangat banyak karunia Alloh SWT yang diberikan kepada kita maka janganlah kita sia-siakan, bersyukurlah kepada Alloh SWT dengan jalan takwa kepada-Nya.


Artikel lain:
-Mengapa sholat begitu dahsyat
-Keutamaan sholat berjamaah di Masjid